Selasa, 02 Juli 2013

DAUN SUKUN UNTUK KESEHATAN

Daun Sukun Untuk Kesehatan

Buah sukun bisa digunakan untuk bahan makanan. Orang biasa memanfaatkannya untuk makanan ringan, semisal direbus, digoreng, atau dibuat keripik dan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan baku tepung dan mie.
khasiat daun sukun
khasiat daun sukun
Tanaman sukun tidak banyak orang yang menanamnya. Selain kurang “menjual”, masyarakat belum begitu tahu manfaat tanaman tersebut. Sering dijumpai orang menebang pohon tersebut tumbuh liar di pekarangan, dan menggantinya dengan tanaman lain seperti pisang atau mangga. Tapi sesungguhnya sukun sangat banyak manfaatnya. Daunnya mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal. Bahkan, masyarakat Ambon telah memanfaatkan kulit batangnya untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.
Daun sukun tersebut mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, dan riboflavin. Zat-zat ini juga mampu mengatasi peradangan.
Daun Sukun : obat tradisional asam urat
Asam urat ternyata juga dapat diobati dengan konsumsi daun sukun. Cara pembuatannya juga sederhana : siapkan segenggam daun sukun yang sudah dikeringkan. Seduh dengan air panas atau direbus bersama, biarkan sampai air rebusan menjadi dingin. Ketika terapi dengan minum rebusan daun sukun, hindari makan jeroan, sayuran yang terlalu banyak zat purin seperti daun singkong karena dapat menyebabkan otot kram. Anda bisa konsultasikan bersama ahli herbal mengenai manfaat daun sukun untuk penyembuhan penyakit anda.
Daun Sukun : Mengatasi gangguan ginjal
Untuk mengobati gangguan ginjal, siapkan segenggam daun sukun kering dan dipotong-potong sampai halus. Setelah dihaluskan maka aduk dengan air panas atau direbus dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin saring daun sukun sehingga siap untuk dikonsumsi. Rasa rebusan daun sukun tidak pahit, tapi anda dapat mencampurnya dengan tambahan sedikit madu atau gula agar lebih nikmat.
Daun Sukun : Mengatasi masalah kolesterol
Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol, anda dapat memanfaatkan daun sukun ini untuk menurunkan kadar kolesterol. Cara gunakan segenggam daun sukun kering, bisa ditambah dengan segenggam daun bangle. Kemudian seduh atau rebus dengan air panas. Sama seperti membuat teh. Tambahkan sedikit madu agar lebih segar.
sumber artikel: daunsukun.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar