Rabu, 03 Juli 2013

KHASIAT DAUN SUKUN SEBAGAI ANTI IN-FLAMASI


 


      Inflamasi atau peradangan merupakan respon utama sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh virus atau bakteri saat terjadi cedera atau kerusakan jaringan. Proses inflamasi berfungsi menetralisasi dan mengeliminasi patogen atau jaringan mati (nekrotik) dan memulai cara-cara perbaikan jaringan tubuh yang mengalami cedera.
      Pada saat proses inflamasiterjadi,biasanya terdapat gejala-gejala umum yang sering dialami,diantaranya peningkatan suhu tubuh, ruam kemerahan, lebam, pembengkakan, rasa sakit, dan hilangnya fungsi (functio laesa) di bagian tubuh yang cedera. Jika inflamasi menjadi sistemik akan muncul tand dan gejala seperti demam, leukositas, malaise, anoreksia, mual, muntah, dan pembesaran kelenjar limfe.
     Obat-obat anti-inflamasi yang digunakan merupakan golongan obat yang memiliki aktivitas menekan atau mengurangi peradangan. Selain menggunakan obat-obatan kimia, inflamasi juga dapat diobati secara alami dengan menggunakan herbal. Daun sukun merupakan salah satu herbal yang terbukti mampu mencegah inflamasi atau peradangan. Berbagai sumber menyebutkan tentang khasiat daun sukun sebagai anti inflamasi.
     Menurut penelitian Bai-Luh dan beberapa rekannya dari berbagai institusi di Taiwan, sukun mengandung flavonoid yang sangat efektif sebagai anti-inflamasi. Aktivitas anti-inflamasi dari flavonoid yang berhasil diisolasi dari sukun, terbukti secara in-vitro dapat menghambat pelepasan medator-mediator kimia dari ssel mast, neutrofil, dan makrofag.
Sumber: www.jurnal.co.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar